Piala Adipura  sebagai penghargaan tertinggi  untuk bidang pengelolaan tata kota, kebersihan dan keindahan lingkungan Kabupaten/ Kota kembali diraih Kabupaten Jombang.  Tahun ini adalah Penghargaan Adipura kali kelima  yang diterima secara berturut-turut untuk kategori kota sedang. Selain itu, pada tahun 2010 ini pemerintah Kabupaten Jombang juga menerima piagam adiwiyata atas keberhasilan SMP Negeri I Diwek Jombang sebagai sekolah Adiwiyata.
Pada (9/6) piala adipura  dan piagam adiwiyata yang telah diterima oleh Drs. H. Suyanto MMA Bupati Jombang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut dikirab dari perbatasan Mojokerto –Jombang  yang selanjutnya dikirab melalui jalan-jalan protokol  di wilayah kecamatan Jombang dan finish di Alon-Alon Jombang.
Rangkaian mobil hias yang menyambut piala adipura dan adiwiyata tampak  Guk Yuk Jombang, Besut dan Rusmini, para penari remo, atraksi jaranan, barongsai, drumband dan hadrah ishari. Sesampai di Alon-Alon Jombang piala adipura dan adiwiyata diserahkan oleh Bupati Suyanto kepada Bahana Bela Binanda Ketua DPRD Jombang.
Apresiasi atas keberhasilan Jombang meraih adipura disampaikan Bahana Bela Binanda Ketua DPRD Jombang. “Penghargaan ini hendaknya dapat menjadi bahan untuk melakukan perbaikkan agar menjadi lebih baik lagi, sesungguhnya  penghargaan yang tertinggi nilainya, i bagi pemerintah Kabupaten Jombang adalah penghargaan berasal dari masyarakat yang merasa bahwa kesejahteraannya terangkat oleh kebijakan pemerintahan Kabupaten Jombang, kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah  dan masyarakat atas prestasi ini”, tutur Bela Ketua DPRD Jombang
Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Bupati Suyanto kepada  seluruh elemen masyarakat dan pihak-pihak yang telah bekerja keras, mendukung dan berpartisipasi dalam  penilaian adipura sehingga terwujud cita-cita Jombang Beriman. Bupati Suyanto juga mengingatkan akan program program untuk anak didik seperti KMDM (Kecil Menanam Dewasa Memanen) “Itu sudah kita canangkan sejak 4 tahun yang lalu, bagaimana keberlanjutannya perlu para jajaran pendidikan melakukan evaluasi “, tutur Bupati Suyanto
“Didalam adipura apresiasi Piala bukanlah sebagai tujuan , namun bagaimana angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Jombang ini agar segera turun ini yang harus segera dilakukan, ini yang perlu kita berikan program nyata bagi mereka untuk mengentaskan mereka dari kemiskinanan”, ungkap Bupati Suyanto.
Pemerintah Kabupaten Jombang harus segera mengambil kebijakan untuk dapat memfasilitasi masyarakat miskin tersebut. “Program dari mana datangnya harus mampu mengentaskan mereka, oleh karenanya kita harus punya data base yang riiel dan tepat sasaran didalam program”, tandasnya.
Pada acara tersebut Bupati Jombang Drs. H. Suyanto didampingin Ir. Dadan Suwardi Mafud Msi, Adm Perhutani KPH Jombang  menyerahkan secara simbolis kepada masyarakat  500 bibit tanaman gratis.  Antara lain bibit pohon mahoni, jati, kesambi, kelengkeng, belinjo, sawo kecik, mangga dan beringin.(Wati_SJAM)

Jombang, 9 Juni 2010
BAGIAN HUMAS